MATERI UNIT
KOMPETENSI
1)
Prinsip Kerja Mesin Diesel
Mesin/motor diesel (diesel engine) merupakan
salah satu bentuk motor pembakaran dalam internal combustion engine) di samping
motor bensin dan turbin gas. Motor diesel disebut dengan motor penyalaan kompresi
(compression ignition engine) karena penyalaan bahan bakarnya diakibatkan oleh
suhu kompresi udara dalam ruang bakar. Dilain pihak motor bensin disebut motor
penyalaan busi (spark ignition engine) karena penyalaan bahan bakar diakibatkan
oleh percikan bunga api listrik dari busi. Cara pembakaran dan pengatomisasian
(atomizing) bahan bakar pada motor diesel tidak sama dengan motor bensin. Pada
motor bensin campuran bahan bakar dan udara melelui karburator dimasukkan ke
dalam silinder dan dibakar oleh nyala listrik dari busi. Pada motor diesel yang
diisap oleh torak dan dimasukkan ke dalam ruang bakar hanya udara, yang
selanjutnya udara tersebut dikompresikan sampai mencapai suhu dan tekanan yang
tinggi. Beberapa saat sebelum torak mencapai titik mati atas (TMA) bahan bakar
solar iinjeksikan ke dalam ruang bakar.
Dengan suhu dan tekanan udara dalam silinder yang cukup tinggi maka
partikel-partikel bahan bakar akan menyala dengan sendirinya sehingga membentuk
proses pembakaran. Agar bahan bakar solar dapat terbakar sendiri, maka
diperlukan rasio kompresi 15-22 dan suhu udara kompresi kira-kira 600ÂșC.
Meskipun untuk motor diesel tidak diperlukan system pengapian seperti halnya
pada motor bensin, namun dalam motor diesel diperlukan sistem injeksi bahan bakar
yang berupa pompa injeksi (injection pump) dan pengabut (injector) serta
perlengkapan bantu lain. Bahan bakar yang disemprotkan harus mempunyai sifat
dapat terbakar sendiri (self ignition). Penampang mesin diesel secara sederhana
dapat dilihat pada gambar 1.
Gambar
1. Skema
motor diesel
2) Perbedaan utama mesin diesel dan mesin
bensin
Motor diesel dan motor bensin mempunyai
beberapa perbedaan utama, bila ditinjau dari beberapa item di bawah ini, yaitu
(lihat Tabel 1).
Tabel
1. Perbedaan
utama motor diesel dan motor bensin
Item Motor Diesel Motor Bensin
Siklus Pembakaran Siklus Sabathe Siklus Otto
Rasio kompresi 15-22 6-12 Ruang bakar Rumit Sederhana Percampuran bahan baker
Diinjeksikan pada akhir langkah Dicampur dalam karburator Metode penyalaan
Terbakar sendiri Percikan busi Bahan bakar Solar Bensin Getaran suara Besar
Kecil Efisiensi panas (%) 30-40 22-30 Motor diesel juga mempunyai keuntungan
dibanding motor bensin, yaitu:
a)
Pemakaian bahan bakar lebih hemat, karena efisiensi panas lebih baik, biaya
operasi lebih hemat karena solar lebih murah.
b)
Daya tahan lebih lama dan gangguan lebih sedikit, karena tidak menggunakan
sistem pengapian
c)
Jenis bahan bakar yang digunakan lebih banyak
d)
Operasi lebih mudah dan cocok untuk kendaraan besar, karena variasi momen yang
terjadi pada perubahan tingkat kecepatan lebih kecil.
UNTUK MATERI LEBIH LENGKAP silahkan unduh disini
0 komentar:
Posting Komentar