MATERI
UNIT KOMPETENSI
Fungsi
sistem kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda
depan.
Bila
roda kemudi diputar steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke steering
gear. Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen yang
lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering linkage.
Tipe
sistem kemudi yang digunakan tergantung dari model mobil ( sistem pemindah daya
dan suspensinya, apakah mobil penumpang, komersial dan seterusnya ).
Tipe yang paling banyak digunakan sekarang adalah
1. Recirculating Ball.
2. Rack dan Pinion.
BAGIAN – BAGIAN UTAMA SISTEM KEMUDI
Pada
umumnya sistem kemudi dibagi menjadi 3 bagian :
1. Steering Column
2. Steering Gear
3. Streering Linkage
1.
STEERING COLUMN
Steering
column terdiri dari main shaft yang meneruskan putaran roda kemudi ke steering
gear, da column tube yang mengikat main shaft ke bodi. Ujung atas dari main
shaft dibuat meruncing dan bergerigi, dan roda kemudi dikaitkan ditempat
tersebut dengan sebuah mur.
Steering
gear juga merupakan mekanisme penyerap energi yang menyerap gaya dorong dari pengemudi pada saat
terjadinya tabrakan.
Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dihalaman selanjutnya.
UNTUK MATERI LEBIH LENGKAP silahkan unduh disini
0 komentar:
Posting Komentar