Home » » SISTEM KEMUDI

SISTEM KEMUDI




MATERI UNIT KOMPETENSI

Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan.

Bila roda kemudi diputar steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke steering gear. Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen yang lebih besar untuk menggerakkan roda depan melalui steering linkage.

Tipe sistem kemudi yang digunakan tergantung dari model mobil ( sistem pemindah daya dan suspensinya, apakah mobil penumpang, komersial dan seterusnya ).
Tipe yang paling banyak digunakan sekarang adalah
1.    Recirculating Ball.
2.    Rack dan Pinion.

BAGIAN – BAGIAN UTAMA SISTEM KEMUDI
Pada umumnya sistem kemudi dibagi menjadi 3 bagian :
1.    Steering Column
2.    Steering Gear
3.    Streering Linkage

1.   STEERING COLUMN
Steering column terdiri dari main shaft yang meneruskan putaran roda kemudi ke steering gear, da column tube yang mengikat main shaft ke bodi. Ujung atas dari main shaft dibuat meruncing dan bergerigi, dan roda kemudi dikaitkan ditempat tersebut dengan sebuah mur.
Steering gear juga merupakan mekanisme penyerap energi yang menyerap gaya dorong dari pengemudi pada saat terjadinya tabrakan. 
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dihalaman selanjutnya.
 
UNTUK MATERI LEBIH LENGKAP silahkan unduh disini

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.